Jumat, 13 Januari 2012

Singkawang, Kota Seribu Kelenteng



PULAU Kalimantan, masih sering luput dari penikmat wisata, baik mancanegara maupun nusantara.

Padahal, pulau ini masih menyimpan banyak potensi wisata yang tidak kalah menarik dari tempat wisata terkenal lainnya di Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat padahal mempunyai lokasi strategis, dengan adanya Bandara Supadio di Kota Pontianak dan pintu masuk jalur darat Entikong sebagai gerbang Internasional dengan status VoA, yang juga didukung dengan jaringan penerbangan domestik yang sudah semakin banyak.

Kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia melalui pintu masuk Entikong selama periode Januari-September 2011 sebanyak 18.099 orang atau naik 5,84 persen dibanding 2010 dalam periode yang sama. Namun memang, jumlah kunjungan wisman setiap tahunnya melalui pintu masuk Entikong masih kurang 25 ribu orang atau sahamnya kurang 0,4 persen dari jumlah wisman ke Indonesia.

Selain letaknya yang strategis, Kalimantan Barat juga memiliki kota-kota yang indah, salah satunya adalah Singkawang. Bahkan menurut Wamenparkefraf, Sapta Nirwanda, kota ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan.

"Singkawang adalah kota yang memiliki potensi wisata yang lengkap. tidak hanya pemandangan alam, tapi juga etnis, budaya dan kulinernya yang menarik," tuturnya saat jumpa pers Lomba Sumpit Internasional Borneo di gedung sapta pesona, Senin (14/11/2011).

Selain itu ditambahkan Wali Kota Singkawang, Hasan Karman, Singkawang setiap tahunnya mengadakan banyak festival-festival yang menarik. "Ada festival cross border yang sifatnya temporary, festival Cap Go Meh yang rutin diadakan setiap tahun dan juga Lomba Internasional Sumpit Borneo yang akan diadakan sebentar lagi," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, Singkawang memiliki banyak kelenteng atau kuil Vihara, sehingga kuil ini kerap mendapat julukan sebagai "Kota Seribu Kelenteng". Bangunan-bangunan kelenteng ini memiliki arsitektur yang khas, didominasi warna merah dan hiasan naga. "Mudah-mudahan seribu kelenteng ini dapat dijadikan ikon singkawang sehingga dapat menarik banyak wisatawan datang," tutur Wamenparekraf.

Selain itu, Singkawang juga memiliki pantai yang indah di Pantai Pasir Panjang, taman-taman yang sejuk serta Pasar kuliner yang disebut Pasar Hongkong. Kota Singkawang merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Barat setelah Kota Pontianak. Kota ini berjarak 142 kilometer dari Kota Pontianak atau sekitar dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar